Wednesday, March 16, 2005

Abah Cihuy

ini dia tempat paling pertama yg pgn gw datengin dan cicipin kekhasan kuenya yg jarang kutemukan selain di bdg..

awalnya dari keisengan temen yg lebih doyan nongkrong di warung dan jajan daripada menengok koleksi2 Factory Outlet atoupun Distro

nah pas kita asik2 liat2 salah satu distro..dan mau bergerak ke distro lainnya..
di mobil, temen ku ini menawarkan kue yg dia beli..

dalem ati.. ni orang doyan bgt jajan ya? hehe.. tapi siapa yg menolak kue yg dari harumnya aja udah bikin ngiler palagi waktu itu masih ngebul.. slluuuurrpp..

sempet ngira wah kue cubit anget nih.. tapi setelah liat bentuknya.. wah kue pancong neh.. tapi kok rasanya kaya kue pukis mana pake keju mayan tebel lagi..

ternyata kue itu disebut keu bandros.. nah lo baru tau..! hehe..
dan ternyata lagi, masun -pcr- yg pernah kuliah di bdg mengenalinya sebagai jajanan pengganti sarapan pada saat doi masih kuliah dulu...

waaah... jadi nyesel deh.. gak ikutan nongkrong en jajan.. karena cuma dapet dikit..


gerobak si abah cihuy

nah makanya pas ke bdg lagi kmaren, udah tekad harus nemuin si penjual bandros ini..
hari pertama dateng, doi lum ada.. malah beli serabi en kupat tahu di psr gempol yg emang terkenal enak...

hari kedua.. kelupaan gak sempet cari karena sibuk kurilingan ke FO dan distro...
hari ketiga, saatnya pulang, rencana pagi tapi akhirnya banyak mampir ke tempat2 makanan, cari oleh2 dah jajan... hehehe..

nah untung deh di hari terakhir ini si penjual bandros ada batang idungnya hehehe..
langsung deh pesen 5 bandros dan 1 pancong *tester* hehe
sambil nunggu giliran *tnyata byk bo yg beli* baca2 deh gerobaknya yg banyak tulisan.. dan disitu emang ada nama kue nya, pancong dan bandros..
dan nama yg jual.. abah cihuy !!!! hehehe.. sambil bikin kuenya, dia ngajak ngobrol sambil sesekali ngomong "ciii...huy..!!" haha..lucu juga nih si abah..

sambil nunggu en ngiler, aku perhatiin cara bikinnya, mungin adonannya hampir sama kaya kue cubit ato kue pukis, tapi mungkin lebih kental.
si abahnya sendiri ambil adonannya pake sendok, sedangkan kue cubit/pukis kan biasanya dituang ke cetakannya kan?

cetakannya sendiri lebih ke cetakan kue pancong, ato pukis tapi versi kecil..
toppingnya coklat susu dan keju susu
katanya sih ada juga yg doyan pancong pake topping juga.. tapi pancongnya sendiri udah gurih bgt, pake kelapanya yg gak tlalu tua katanya dan kliatan bgt adonanyanya kasar oleh parutan kelapanya... gimana gak gurih?

kue pancong itu masih byk ya di bgr, gak tau kalo di jkt..??
tapi mungkin gak segurih pancong cihuy ini ya.. di bgr malah ada kue pancong yg diatasnya di oles gula jawa kentel.. aku sih kurang suka ya...

mateng kue bandros keju susunya.. langsung sama nyokap dicicip.."wah enak.." katanya, si abah langsung "ciii.. huy!" hehe.. kita jadi cicip bareng2, sampe ponakanku yg tadinya gak mau jadi ngabisin hehe... hangatnya adonan kue yg empuk2 manis, dan bagian bawahnya yg agak crispy, dan keju susu nya yg gak pelit bikin kita bener2 menikmati enaknya kue ini... nyam.. jadi inget masa2 sekolah dulu..


abah cihuy lagi bikin bandros tea euy..

akhirnya satu bandros keju susu abis, dan satu pancong abis di mobil hehe.. kok jadi nyokap yg lancar ya..? dia malah komentar gini "wah enakan ini daripada colenaknya"
doi emang baru beli colenak di samping Summit, dari hari pertama juga doi nyarinya colenak muluw.. baru kesampean, eh dah nemu makanan enak lagi hehe..

dalam perjalanan pulang kita makan bandros coklat susu, enak juga palagi coklatnya dah meleleh.. nyumnyyum... trus skalian ngabisin yg keju susunya atu lagi.. tapi ternyata lebih enak kalo dimakan masih hangat, soale kalo dah dingin cenderung agak keras dan seret.. tapi tetep enak..