Friday, July 29, 2005

J O G J A ! ! !

Jalan2 kali ini memang dah lama, Desember 2004, tapi aku lum sempet cerita2 tentang tempat2 makan yg kita kunjungi, jadi mending disempetin sekarang deh... selamat ngiler.. :)


Sego pecel di baciro yg nikmat sambil nunggu mobil dimandiin, serundengnya itu loh manis2 gurih gmana gitu, bumbu pecelnya juga pas antara manis, gurih, agak pedasnya. Dengan "side dish" telor asin dan peyek yg menambah nikmatnya sarapan pagi itu....

Dibanding dengan SGPC bu Wiryo yg satu ini, sgpc di baciro ini menurut saya lebih enak.. kalo di bu Wiryo mungkin memang lebih populer dan hampir selalu jadi pilihan sarapan yg mudah dicari... palagi diantara para mahasiswa jogja..


Berhubung udah makan pecel, jadi aku cobain aja nasi sopnya... hmm.. nothing special.. tapi kok rame terus ya?lumayan sih untuk ngganjel perut di pagi hari...

Dalam salah satu perjalanan di Jogja, kebetulan lewat Monjali, karena laper kita mampir ke warung Soto Pak Soleh, yg kebetulan di sebelahnya juga jual Kupat Tahu dan Es Dawet untuk pilihan di siang hari itu...


Walopun soto daging Jogja termasuk makanan favoritku karena seger dan berkuah, tapi siang itu aku pilih menu kupat tahu, palagi di menunya ada yg pake bumbu kacang mede.. hmmm.. pasti gurih ya.. sayangnya kacang medenya abis, pa boleh buat pesen yg biasa aja deh... rasa biasa saja, aku lebih suka padanan bumbu dan bahan2 ketoprak jakarta yg notabene banyak bawang putih nan gurih dan wangi hehehe...


Menjelang sore kita pergi ke Kaliurang, karena mau mengunjungi museum budaya jawa yg katanya menarik karena unik dan dapet complementary drink berupa jamu..??
Sampe sana kita memang terkagum2 melihat museum yg ternyata byk org jogja yg ga tau? aneh..?? hehe tapi minuman complement nya beneran jamu loh.. tepatnya jamu awet muda ramuan salah satu ratu/putri kraton jaman dulu. Lumayan menghangatkan di museum yg berada di pegunungan dan ber-AC pula...

Puas liat2 museum dan poto2... kita ke cafenya yg bergaya kolonial... wah mahal gak ya? akhirnya cuma minum2 dan nyemil2 aja... karena emang kebetulan blum laper juga..


Ternyata semua minuman dan cemilan yg kita pesan rasanya biasa saja, nothing special, tapi tetep habis berhubung abis beraktifitas dan udara yg dingin...hehe..




Turun dari udara dingin, laper menyerang dan perut minta kehangatan makanan.
Akhirnya kita pilih bakmi godog yg bisa menghangatkan perut dan badan.. banyak pilihan bakmi Kadin di situ, yg mana ya yg asli? Kalo menurut temenku justru yg agak sepi ini yg pertama dan asli, jadilah kita kesana..
Berhubung gak sabar minta diangetin *perutnya* langsung deh pesen wedang ronde yg pasti sangat menghangatkan perut dan badan.. nyuam..nyuam..

Besoknya kita udah rencana cari es rujak, aneh tapi enak. Dan ada temn yg penasaran karena lum pernah coba dan ga bisa bayangin apa jadinya makan es puter campur rujak serut... akhirnya kita ke pakualaman. Sebenernya kita dah sarapan di rumah, tapi melihat soto yg dijual disitu kok kliatannya enak ya? akhirnya kita makan lagi rame2..dan ternyata lebih nikmeh dari yg tadi kita makan di rumah.. hehe..


Setelah makan soto ayam part II, kita langsung pesen es rujak, karena dah kenyang kita pesen satu untuk rame2. Wah rasanya seru.. manis2 dari es puternya campur rasa rujak asem, pedes, nano2 bgt... tapi seger dan aneh... tapi enak..!! hehe




Siang2 ke pasar beringharjo, setelah cape belanja rasa haus pun menyerang. Tapi aku inget ada tukang sate sapi di pojokan yg notabene jadi langgananku kalo ke pasar. Kayaknya rugi kalo ke Jogja gak beli sate sapi manis ini.. plus gajih2nya.. hehe..


masih di beringharjo, hayo dmana kita? lagi minum es dawet neh




Satu lagi makanan baru yg "must try" katanya...
Bikin penasaran, walopun hujan lagi deres2nya dan mati lampu hampir separuh wilayah Jogja, semangat untuk mencari sate ini tidak ikut kunjung padam... keuekeuh bo!
Untungnya berdasarkan petunjuk temennya temen via HP, nyampe juga kita di Lapangan karang Kotagede. Memang katanya, sate ini dinamain dari tempat dimana dia mangkal..

Karena abis hujan besar, tempat lesehannya jadi demek2 becek gitu deh... jadi kita bela2in makan di mobil suk2an. Dateng lah sate pesanan kita, ternyata yg namanya sate karnag itu, sate sapi dengan bumbu kacang lengkap dengan potongan bawang merah dan cabe. Plus satu piring lagi berisi lontong sayur..?? Kok lontong sayur..? setelah dicicip ternyata sayurnya sayur tempe ala jawa banget gitu deh..
sensasi makan sate kali ini beda karena kaget dengan padanannya juga paduan rasa yg baru. Aku sendiri kurang suka paduannya, tapi temen ada yg suka banget sama sayur tempenya, jadinya nambah deh sayurnya tok!


Sarapan terakhir di Jogja sebelum pulang ke Jakarta, kita putuskan makan Gudeg makanan paling khas di sini, skalian beli buat oleh2 juga sich...
Dari banyaknya pilihan gudeg2 di kota ini. Kita pilih yu Djum yg kata orang Jogja paling enak dan kita ke pusatnya yg cuma warung makan di gang kecil tapi rame!

Sarapan terakhir ini sangaaaat nikmat... memang gudegnya yg enak? ato efek psikis karena gudeg jadi our last meal in Jogja..
Tapi memang rasanya belum puas seminggu disana, sepertinya masih banyak tempat2 wisata dan tentunya tempat2 makan yg terlewati..
Di perjalanan pulang.. dalam hati saya sudah berencana untuk kembali liburan di Jogja.. tapi kapan?

Monday, May 09, 2005

jalan2 lagi

hi kawan2...
minggu depan rencana mo ke bdg lagi neh...
mo ambil suvenir, skalian eksplorasi tempat2 makanan enak hehehe...
jadi tunggu aja laporan pandangan mata dan tegukan ludah dari ku hehehe...

ciao!!

Wednesday, March 16, 2005

Ma'Uneh

hmm.. dari hari pertama nyampe bdg..
dah penasaran bgt cari ni tempat, gara2 ikutan milis JS, denger2 cerita mrk.. maka kutetapkan tempat ini sbg must have visit and try hehe..
tapi untung juga gak hari pertama ksana, soale pas jumat dan tnyata warung ma'uneh ini tutup kalo hari jumat..

hari sabtu, jam 2an setelah muter2 ke koffie aroma, toko sakura, FO, baru deh kita cari2 makan siang krn emang perut dah meronta2 minta diisi..
tadinya sempet mo ke warung lela di rancakendal, tapi melihat jalan dago yg macet kita putuskan untuk ke Ma'Uneh yg lebih deket...

tapi tnyata krn byk jalan yg berubah jalur, kita jadi agak2 salah jalan en kena macet deh.. mana bdg lagi panas2nya lagi.. perut semakin berontak..

akhirnya sampe juga di gang yg byk parkiran mobilnya, karena baru pertama kali kita gak tau kalo warungnya ma'uneh sejauh itu masuknya, kita hampir aja masuk ke warung makan yg pertama kita liat, untung kita tanya ke org2 yg lagi nongkrong2 di warung rokok.. kata si akang yg ditanya "terus aja, nanti ada pohon merah belok kiri.." pohon merah..? kita jadi bengong.. tapi tetep kita jalan sesuai petunjuk si akang..
tnyata bener ada pohon berdaun hijau kemerahan.. ga tau tuh jenisnya apa? hehe

nyokap dah komentar aja, "jauh amat masuknya.." hati jadi agak ragu.. jgn2 tempatnya.. ????

tapi setelah menemukan warung nyempil di sbelah kiri, lega rasanya ati, warungnya bersih dan teratur, dan tnyata di tempat yg nyempil itu, byk juga org yg makan disitu walopundah lewat jam maksi...



pintu masuk ma'uneh

langsung aja kita serbu en mlototin menu2 yg tersedia.. waduh smuanya bikin ngiler..
sempet bingung tapi akhirnya aku milih pepes peda en semur jengkol plus sambel lalap hehe.. masun pesen gurame goreng sambel gandaria sama pepes tahu, nyokap pesen sayur asem, pepes telor asin sama ikan kerapu, tapi tnyata sayur asem abis en ganti sop kikil.

setelah semua sampe di meja, kita jadi malu sendiri... kok kliatan bgt ya lapernya plus paniknya liat macem2 makanan hehe.. alias byk bgt makanan yg kita pesen.. akhirnya nyokap membungkus ikan kerapu, dan guramenya di sharing.. hehe...


menu ma'uneh

kita makan dengan lahap dan lahap sekali... baru sekali ini aku makan bareng nasi bakulnya ludes des.. entek blas..! haha.. emang ini makanan terdahsyat selama kita di bdg 3 hari..

sambelnya mantep, pedes, kalo aku lebih suka sambel dadak nya, nyokap suka sambel mateng yg kayaknya diblender ya alus bgt soalnya.. pedes katanya, sampe sisa satu piring sambel di bungkus sama dia hehe..

pepes tahu, peda, telor asin.. endang bo..! sop kikil nya segerrrr.. gurame an kerapu lumayan gurih (tapi masih kalah gurih sama gurame utuh goreng yg melingker2 di resto mang kabayan di cibubur)
semur jengkol..hmm.. nyam..nyam.. hampir abis kalo gak inget lagi perjalanan jauh dari rumah hehehe...


menu ma'uneh juga..

tapi kayaknya memang masakannya overall segerr2, bener2 seger karena dimana2 pasti dilampirin jeruk limo, di pepes peda ada, di sambel ada juga, sampe di sop kikilnya juga nyokap nemu biji jeruk.. jadi emang bener2 seger dan enak..

(hmm.. komentarnya gak bisa sedahsyat temen2 JS yg bisa mengungkap spektrum2 dibalik rasa2 makanan yg cuma bisa saya ungkapkan dengan parameter kata "enak")

Abah Cihuy

ini dia tempat paling pertama yg pgn gw datengin dan cicipin kekhasan kuenya yg jarang kutemukan selain di bdg..

awalnya dari keisengan temen yg lebih doyan nongkrong di warung dan jajan daripada menengok koleksi2 Factory Outlet atoupun Distro

nah pas kita asik2 liat2 salah satu distro..dan mau bergerak ke distro lainnya..
di mobil, temen ku ini menawarkan kue yg dia beli..

dalem ati.. ni orang doyan bgt jajan ya? hehe.. tapi siapa yg menolak kue yg dari harumnya aja udah bikin ngiler palagi waktu itu masih ngebul.. slluuuurrpp..

sempet ngira wah kue cubit anget nih.. tapi setelah liat bentuknya.. wah kue pancong neh.. tapi kok rasanya kaya kue pukis mana pake keju mayan tebel lagi..

ternyata kue itu disebut keu bandros.. nah lo baru tau..! hehe..
dan ternyata lagi, masun -pcr- yg pernah kuliah di bdg mengenalinya sebagai jajanan pengganti sarapan pada saat doi masih kuliah dulu...

waaah... jadi nyesel deh.. gak ikutan nongkrong en jajan.. karena cuma dapet dikit..


gerobak si abah cihuy

nah makanya pas ke bdg lagi kmaren, udah tekad harus nemuin si penjual bandros ini..
hari pertama dateng, doi lum ada.. malah beli serabi en kupat tahu di psr gempol yg emang terkenal enak...

hari kedua.. kelupaan gak sempet cari karena sibuk kurilingan ke FO dan distro...
hari ketiga, saatnya pulang, rencana pagi tapi akhirnya banyak mampir ke tempat2 makanan, cari oleh2 dah jajan... hehehe..

nah untung deh di hari terakhir ini si penjual bandros ada batang idungnya hehehe..
langsung deh pesen 5 bandros dan 1 pancong *tester* hehe
sambil nunggu giliran *tnyata byk bo yg beli* baca2 deh gerobaknya yg banyak tulisan.. dan disitu emang ada nama kue nya, pancong dan bandros..
dan nama yg jual.. abah cihuy !!!! hehehe.. sambil bikin kuenya, dia ngajak ngobrol sambil sesekali ngomong "ciii...huy..!!" haha..lucu juga nih si abah..

sambil nunggu en ngiler, aku perhatiin cara bikinnya, mungin adonannya hampir sama kaya kue cubit ato kue pukis, tapi mungkin lebih kental.
si abahnya sendiri ambil adonannya pake sendok, sedangkan kue cubit/pukis kan biasanya dituang ke cetakannya kan?

cetakannya sendiri lebih ke cetakan kue pancong, ato pukis tapi versi kecil..
toppingnya coklat susu dan keju susu
katanya sih ada juga yg doyan pancong pake topping juga.. tapi pancongnya sendiri udah gurih bgt, pake kelapanya yg gak tlalu tua katanya dan kliatan bgt adonanyanya kasar oleh parutan kelapanya... gimana gak gurih?

kue pancong itu masih byk ya di bgr, gak tau kalo di jkt..??
tapi mungkin gak segurih pancong cihuy ini ya.. di bgr malah ada kue pancong yg diatasnya di oles gula jawa kentel.. aku sih kurang suka ya...

mateng kue bandros keju susunya.. langsung sama nyokap dicicip.."wah enak.." katanya, si abah langsung "ciii.. huy!" hehe.. kita jadi cicip bareng2, sampe ponakanku yg tadinya gak mau jadi ngabisin hehe... hangatnya adonan kue yg empuk2 manis, dan bagian bawahnya yg agak crispy, dan keju susu nya yg gak pelit bikin kita bener2 menikmati enaknya kue ini... nyam.. jadi inget masa2 sekolah dulu..


abah cihuy lagi bikin bandros tea euy..

akhirnya satu bandros keju susu abis, dan satu pancong abis di mobil hehe.. kok jadi nyokap yg lancar ya..? dia malah komentar gini "wah enakan ini daripada colenaknya"
doi emang baru beli colenak di samping Summit, dari hari pertama juga doi nyarinya colenak muluw.. baru kesampean, eh dah nemu makanan enak lagi hehe..

dalam perjalanan pulang kita makan bandros coklat susu, enak juga palagi coklatnya dah meleleh.. nyumnyyum... trus skalian ngabisin yg keju susunya atu lagi.. tapi ternyata lebih enak kalo dimakan masih hangat, soale kalo dah dingin cenderung agak keras dan seret.. tapi tetep enak..

BMC

ga ada ide mo makan dimana jumat itu...
nyokap pengen nasi.. hehe.. perut indonesa sekalee..
akhirnya kita putusin ke BMC, karena kita tau disitu menunya banyak..
en kebetulan kita bawa ponakan yg masih tk, jadi cari yg kira2 ada makanan kesukaan anak2 kecil..

kita pesen :
1. yamin baso = biasa banget cenderung gak enak, tapi berhubung laper.. ya abis aja.... tapi bakso+kuahnya sih lumayan.. tapi bumbu mi nya gak ada rasa..

2. mi kocok = porsi boleh gede tapi rasanya hambar.. tiada rasa..

3. lontong sayur = gak tau neh, gak nyobain menunya tante ku, kliatannya sih lumayan, soale dia yg paling abis makanannya.. ato doi laper..?

4. nasi timbel komplit = nah berhubung perut indonesa nya minta nasi, jadi nyokap pesen ini deh, kata nyokap sih nasi keras, ayam+tahu+tempe biasa aja, sayur asem manis, sambel gak enak. kalo dari penampilan juga gak meyakinkan sih..

5. kentang goreng + sosis = ini dia menu ponakan ku, mungkin rasanya paling normal.. ya iyalah rasa sosis dan rasa kentang gitu lowh.. hehe

6. trakhir kita pesen macem2 yoghurt, kalo menurutku sih.. rasanya biasa2 aja.. kayaknya kalo bikin sendiri juga bisa lebih enak deh hehe...

7. pulangnya aku borong susu cup untuk ponakan2ku, beli 10 cup, nah kalo ini rasanya juga normal cenderung enak apalagi susu melonnya *my fav* sayang susu melon tinggal 1, jadi rame2 deh cicipinnya..

8. tante ku beli kue2 yg ada di toko kue depan, hmmm... lumayan lah..




ini foto yoghurt strawberry non fat dan yoghurt mocca *yuks*
aku gak pernah suka yoghurt dgn cita rasa gak seger seperti coklat, moka dll
menurutku yg paling pas yoghurt ya sama rasa buah2an.. seger..!!

pecel madiun di gasibu

baru nyampe bdg..
cari sarapan dimana ya..?
coba hari minggu.. pasti dah langsung ke gasibu nyobain semua jajanan yg ada dsana..
hehe..alias laper mata...

sempet mo makan nasi timbel, tapi kok kayaknya berat bgt ya.? ya udah tetep jalan ke arah gasibu sambil liat2 kota bandung..

tnyata di deket2 gasibu ada yg jual nasi pecel madiun yg notabene kedoyanan nyokap..
yah terpaksa lah brenti dan makan dsitu.. padahal mah aku lagi gak pgn makan nasi pecel...


ibu yg jual pecel

duduk lesehan dibawah pohon rindang nan adem
melepas lelah setelah nyetir dari bogor..
pesen 3 nasi pecel, dan teh manis anget..
pecelnya pake pincuk daun pisang dan sendok plastik
ada peyek kacang.. sama petai cina dan daun kemangi bertaburan..nyuaam..

setelah diulak-alik, tnyata varian sayurnya banyak bgt..
terlalu banyak kalo menurut saya..
selain sayuran standart pecel, ada juga gori (nangka muda) godog
agak mengganggu kalo menurut ku..
karena mengandung air, jadi agak menghilangkan rasa bumbu deh..
tapi yg enak dan jarang ditemukan ada kecipir..
hehe dah lama bgt gak nemu ni sayur..

porsinya menurutku pas, tapi karena lagi gak tlalu pgn, ya gak abis..
beda sama nyokap yg komentarnya,"lin.. nasinya dikit ya?"
hehehe... laper mah?


pecel madiun

oiya ada menu lainnya juga, seperti nasi rawon, soto ayam.. tau deh enak/gak?
pelengkap pecel ada telor asin, tahu+tempe bacem, sama bakwan jagung..
yg jual ibu2 sudah agak sepuh dibantu oleh sodara2nya mungkin ya..
tipikal orang jawa sekali lah.. kekeluargaan gituh.. hehe

Wednesday, March 02, 2005

Tante Alin

pagi ini, ada sms dari kk ku yg memberitahukan kalo istrinya sudah hamil..
wah.. keluarga kedua belah pihak pasti pada seneng nih...
nunggu calon cucu pertama...

yah..yah.. memang anak kecil adalah mahluk yg lucu tiada tara.. palagi kalo anak atow cucu sndiri ya..

liat aja ni poto dibawah, anaknya temen kuliahku, Fiena. lucu bgt ya? mengingatkanku pada boneka Troll tapi versi cakep, lucu dan gak keriput nyusut hehehe...


luthval Posted by Hello

aduh kapan ya punya ndiri? hehe..
palagi minggu kmaren salah satu temen kuliahku, Reno baru melahirkan juga..
nama anaknya Cikal Arka Faisal.. Faisal itu nama bapaknya hehe...

sbelumnya sepupuku juga baru melahirkan.. lagi musim kali ya..? hehe

dan bentar lagi (9 blnan kali ya?)akhirnya aku bakalan punya ponakan langsung dari kk, hehe (sebelumnya baru dari sepupu2 aja..)
moga2 selama hamil sampe kluar nanti.. sehat selalu.. ibu+bayinya..
biar tar bisa ktemu tante Alin...

Wednesday, February 23, 2005

bloglearning...


Posted by Hello

coba ah test bisa gak tambah teks hehehe...

hehe tnyata bisa loh.. hehe.. harap maklum teman2 yg baca..
maklum saya baru mempelajari blog 2 minggu ini. jadi masih garink dan coba2 aja..

mo kasi keterangan poto diatas ah...
poto itu diambil oleh temen ktr saya, susan, waktu kita liburan ke Jogja akhir desember 2004
lokasinya di kafe.. lupa namanya!! pokoknya ada di kaliurang di dalem museum budaya jawa "Ullen Sentalu" yg baru2 aja saya ketahui dari temennya susan, yg notabene orang jakarta.. :P

aneh rasanya.. saya tidak mendapat info itu dari teman2 ato sodara2 saya yg ada di jogja... hmm.. jgn2 mreka gak pada tau..? ato tidak menganggap menarik tempat tersebut...?